Penemuan Bakteri Penyebab Bau Badan. Semua orang tentunya dapat memastikan bahwa setelah beraktivitas seperti berolahraga, bau badan merupakan hal yang tidak menyenangkan. Namun, sekarang ini, para peneliti dari Universitas York telah menemukan penyebab umum dari bau badan. Biang (penyebab bau badan) disebabkan oleh enzim yang diproduksi oleh bakteri Staphylococcus homis. Bakteri ini memecah keringat manusia menjadi senyawa tiol- (alkohol) pada bagian ketiak manusia. Penemuan ini akhirnya membawa para peneliti untuk menciptakan deodorant yang berfungsi untuk mengatasi aroma yang tidak menyenangkan pada bagian ketiak.

Pemanfaatan Virus Mosaik Tembakau. Salah satu hal yang menarik adalah penyebab penyakit demam panas merupakan virus. Namun kali ini, sebuah tim dari Universitas Drexel telah menemukan manfaat lain dari virus tersebut. Pemanfaatan tersebut berupa sistem pemanas air menggunakan virus tembakau. Prosesnya dengan menggunakan, virus mosaik tembakau tersebut diselubungi oleh senyawa penghantar panas. Dengan metode tersebut, perpindahan panas akan mudah terjadi. Hal yang menarik adalah teknik ini dapat digunakan dalam proses pendinginan pada devais elektronik melalui prinsip kebalikan.

Pembangkit Energi di Permukaan Bumi. Setiap harinya, bumi dibombardir oleh radiasi elektromagenetik. Menariknya, apabila kita mampu memanfaatkannya radiasi tersebut menjadi hal yang bermanfaat maka persoalan krisis energi tak perlu menjadi masalah utama. Solusinya berasal dari tim dari Universitas Waterloo yang telah menciptakan alat bernama "Metasurface Antenna" yang berpotensial untuk menangkap dan mengubah radiasi elektromagnetik.





Plastik Berbahan Dasar Kulit Telur. Seorang ilmuwan yang berasal dari Univesitas Georgia telah menciptakan material plastik berbahan dasar komponen telur. Hal tersebut ia lakukan dengan cara mencampur albumin (sebuah protein yang banyak ditemukan pada telur) dengan gliserol (bahan dasar plastik tradisional). Keuntungan dari jenis plastik ini adalah sifat anti bakteri yang terdapat pada albumin.



Nanotech Gnashers. Adalah sebuah partikel yang berfungsi untuk meletakkan senyawa anti-bakteri pada permukaan gigi sehingga mampu mencegah plak gigi (plague) dan kerusakan gigi. Penemuan ini ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Queen Mary. Penelitian ini mampu diintegrasikan pada pasta gigi dan cairan pencuci mulut sehingga kesehatan gigi dapat terjaga. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat pada implan lapisan tipis pada proses orthopaedic.

Post a Comment

 
Top