Dalam kehidupan manusia, bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang efektif. Bahasa sebenarnya digunakan untuk mencapai sebuah kesepahaman yang sama atau "mutual understanding". Dahulunya, bahasa yang digunakan oleh makhluk hidup adalah bahasa isyarat, atau sering disebut sekarang ini dengan istilah komunikasi non verbal. Namun, dengan adanya proses seleksi alam banyak bahasa yang telah musnah. Akan tetapi, hal tersebut diatasi dengan adanya bahasa-bahasa yang diciptakan oleh manusia untuk tujuan tertentu. Berikut 10 bahasa yang telah diciptakan oleh manusia.

Esperanto. Diciptakan oleh Ludwik Lazarus Zamenhof di tahun 1887. Esperanto adalah sebuah bahasa yang kemunculannya didasari atas keinginan untuk menciptakan dan mempromosikan perdamaian dan kesepahaman antar manusia di dunia. Menariknya, hari ini bahasa Esperanto sekarang digunakan sebagai bahasa pengantar dalam Akademi Insternasional di San Marino.

Solresol. Diciptakan oleh Francois Sudre pada tahun 1827. Pada bahasa Solresol, setiap kata dapat dikomunikasikan dengan menggunakan gerakan atau isyarat tangan, warna dan nada. Menariknya, dalam bahasa solresol, ketiga hal tersebut sama halnya dengan berkomunikasi secara verbal.

Slovianski. Bahasa ini diciptakan oleh sebuah tim ahli bahasa pada tahun 2006. Tujuannya adalah untuk mengembangkan komunikasi dengan bangsa Slavic. Slovianski didesain untuk menjadi sebuah interlanguage. Saat ini, bahasa Slovianski telah digunakan oleh sekitar 2000 orang.

Sambahsa-mundialect. Adalah sebuah bahasa yang diciptakan oleh Olivier Simon pada tahun 2007. Bahasa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu menyertakan perbendaharaan kata dari bahasa Arab, Cina dan Swahili sehingga dalam proses pengucapannya menjadi saling berkaitan. Selain itu, karena bahasanya bersumber dari tiga bahasa yang sudah dikenal konsistensinya, maka bahasa Sambahsa-mundialect memiliki gaya bahasa yang mudah dan simpel.

Universalgot. Adalah sebuah bahasa yang pada awalnya dibuat untuk mempersamakan sejumlah kosakata bahasa yang ada di dunia, begitu pula halnya dengan dialek yang ada. Bahasa ini diciptakan oleh Jean Pirro pada tahun 1868.

Volapuk. Merupakan bahasa yang banyak menggunakan kata-kata bahasa Inggris sebagai bentuk dasarnya. Dikarenakan berkaitan erat dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris, bahasa ini diperkirakan digunakan setidaknya sebanyak 1 juta orang. Diciptakan oleh Johann Martin Schleyer pada tahun 1880.

Occidental. Sebuah bahasa yang diciptakan pada tahun 1922 oleh Edgar de Wahl. Bahasa ini merupakan representatif dari kesatuan bahasa yang berbeda diantara bangsa-bangsa Eropa. Oleh karenanya, bahasa ini dibuat agar mendunia tetapi hilang disebabkan selesainya perang dunia II. Hal tersebut dikarenakan pada awalnya bahasa ini digunakan oleh mereka yang memiliki persamaan di antara bangsa Eropa itu sendiri.

Bahasa Blissymbols. Adalah sebuah bahasa yang diciptakan oleh Charles K Bliss pada tahun 1949. Bahasa tertulis ini menggunakan simbol-simbol. Tujuannya adalah agar bahasa tersebut dapat diadopsi sebagai rambu di bandara-bandara yang ada di Kanada dan Swedia.

Afrihili. Merupakan sebuah bahasa yang diciptakan pada tahun 1970 oleh Kum Attobrah. Afrihili adalah bahasa mengambil unsur-unsur dalam kosakata bahasa Inggris yang kedepannya diimplementasikan pada bahasa Afrika dari berbagai suku.

Laadan. Bahasa tonal ini dirancang untuk memberikan kemungkinan bagi para wanita untuk mengekspresikan pandangan mereka. Diciptakan oleh Suzette Haden Elgin pada tahun 1982.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top