berita.suaramerdeka.com
Menulis adalah sebuah kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Dalam rangka menulis artikel ataupun jenis karya tulis lainnya, seorang penulis membutuhkan kosakata yang cukup. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari suatu plagiarisme (Sebutan apabila hanya menggandakan tulisan tanpa menyebutkan referensinya). Oleh karena itu, disamping kosakata proses pemahaman mendasar tentang tata bahasa juga diperlukan. Ada tiga hal dasar yang dapat dijadikan tips untuk melakukan teknik paraphrasing.

Pertama sekali adalah proses sinonim. Sinonim adalah suatu teknik dalam mencari beberapa jenis kata yang memiliki pengertian yang sama namun bentuk pengucapan dan penulisan yang berbeda. Menurut Wikipedia.org, sinonim juga bias disebut dengan persamaan kata atau padanan kata. Salah satu contoh dari teknik sinonim adalah penggunaan kata tanaman dan tumbuhan dapat digantikan menjadi kata flora.

Selanjutnya adalah teknik nominalisasi. Suatu proses dalam mengubah kata sifat menjadi kata benda melalui tata bahasa yang telah disempurnakan disebut dengan nominalisasi. Proses nominalisasi dalam tata bahasa Indonesia yang umum digunakan dalam EYD (ejaan yang disempurnakan) adalah penggunaan kata imbuhan Ke-an. Contoh dari proses nominalisasi seperti kata sifat cantik diubah ke kata benda menjadi Ke+Cantik+an = Kecantikan. Dalam bahasa Indonesia, proses nominalisasi dapat digunakan berdasarkan kata kerja (verba) dan sifat (adjektiva). Sedangkan pada bahasa Inggris, proses nominalisasi dilakukan dengan berbagai cara seperti penambahan akhiran ing dan mengubahnya dalam bentuk kata benda. Ilustrasinya seperti understand menjadi understanding dan Intuition menjadi Intuitive.

Terakhir adalah teknik pengubahan kalimat aktif menjadi pasif dan sebaliknya. Pengubahan kalimat aktif dan pasif adalah suatu proses yang dilakukan dengan cara mengubah subjek pada kalimat aktif menjadi objek pada kalimat pasif dan sebaliknya. Menurut id.wikibooks.org, kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan suatu hal. Sementara itu, kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai suatu pekerjaan. Ilustrasi dari teknik ini adalah “Ibu membeli baju” (kalimat aktif) kemudian diubah menjadi kalimat pasif yaitu “Baju dibeli oleh Ibu”.

Post a Comment

 
Top