Berdasarkan beberapa teori yang telah dikemukakan oleh beberapa kimiawan. Menurut Lewis, pengertian asam basa lebih luas dan dapat dikembangkan. Selanjutnya Robert Boyle pada tahun 1661 memformulasikan tentang karakteristik Asam dan Basa, yaitu:

Karakteristik Asam
Memiliki rasa asam (untuk asam lemah seperti Asam Cuka dapat anda rasakan kecuali asam-asam kuat jikalau anda tidak percaya). Indikator senyawa asam mampu mengubah lakmus biru menjadi merah. Lalu, apabila senyawa asam dilarutkan dalam air, maka larutan tersebut akan bersifat elektrolit yang mampu menghantarkan arus listrik. Asam apabila direaksikan pada basa akan menghasilkan garam dan air. Asam akan menghasilkan gas hidrogen apabila bereaksi dengan logam golongan alkali, alkali tanah serta aluminium dan seng.

Karakteristik Basa
Jikalau asam memiliki rasa asam, maka basa terasa getir. Senyawa basa mampu mengubah lakmus merah menjadi biru, kebalikan dari indikator senyawa asam. Tetapi pada umumnya, senyawa basa tidak mampu mengubah warna lakmus apabila dimasukkan ke dalam larutan selain larutan asam. Sama halnya dengan asam, senyawa basa apabila dilarutkan dengan air akan menghasilkan larutan elektrolit. Begitu pula apabila direaksikan terhadap senyawa asam akan menghasilkan garam dan air.

Post a Comment

 
Top