Agaknya perlu diperhatikan bahwa beberapa aktivitas yang dilakukan akhirnya melemahkan konsentrasi pada kegiatan yang lain. Bagi para pelajar atau mahasiswa, setiap aktivitas tentunya memberikan dampak baik itu positif maupun negatif. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi setiap hal yang ingin dicapai. Ada 5 hal yang harus diwaspadai sehingga konsentrasi tetap terjaga.

Kelelahan. Umumnya, kelelahan disebabkan karena kurangnya waktu untuk tidur. Akibatnya, kondisi tubuh secara fisik akan mengalami penurunan dan bahkan mengakibatkan kondisi psikis juga menurun. Bagi para pelajar dan mahasiswa, proses memahami setiap mata pelajaran dan mata kuliah juga akan menurun.

Untuk mengatasinya adalah dengan cara mencari tahu apa penyebab anda mengapa tidak maksimalnya waktu tidur anda. Tentunya setiap aktivitas anda perlu anda kaji. Disiplin waktu juga merupakan hal yang efektif dalam mengelola setiap jadwal kegiatan anda. Usahakan bahwa, tidur yang efektif itu adalah 6-8 jam.

Kegelisahan. Masih ingat ada pepatah mengatakan bahwa, masa-masa sekolah adalah masa yang mengasyikkan. Umumnya, masa-masa puncak tersebut berada pada sekolah SMA dan perkuliahan. Di masa ini begitu banyak pengalaman baru yang anda dapatkan. Bahkan, pengalaman itu mampu membentuk karakter anda. 

Setiap hal yang anda alami pada masa sekolah kebanyakan berasal dari teman-teman anda. Tekanan dari mata pelajaran dan kuliah juga menjadi salah satu tolak ukur. Akhirnya, dengan begitu banyak tekanan, anda mengalami masa-masa sulit apabila menghadapi setiap masalah yang ada. Tentunya ini menimbulkan kegelisahan yang pada akhirnya mempengaruhi konsentrasi anda pada proses pendidikan.

Kesenangan. Kesenangan relatif dekat dengan kegelisahan hanya saja kesenangan membuat kondisi psikis lebih baik. Walaupun, kesenangan memberikan kondisi manusia lebih optimal dalam menjalankan aktivitasnya, namun, kesenangan yang berlebihan dapat membuat manusia gampang melupakan hal yang menjadi prioritas. Akibatnya, ini juga mempengaruhi proses konsentrasi anda.

Cinta. Salah satu hal yang biasa terjadi namun sangat mempengaruhi konsentrasi para pelajar dan mahasiswa. Ya, perasaan cinta atau ketertarikan terhadap lawan jenis. Pengalaman empiris dari berbagai orang mungkin menyetujui bahwa adanya hubungan yang sifatnya cinta mempengaruhi pemikiran dan aktivitas. Pengalaman ini juga membawa kepada kegelisahan dan kesenangan.

Kebosanan. Dengan banyaknya aktivitas dan kegiatan yang sifatnya monoton atau itu-itu saja maka bukan stress yang didapat melainkan bosan. Kebosanan terjadi karena setiap hal yang dijalankan mengalami penurunan motivasi. Kekurangan motivasi yang baik itu berasal dari diri sendiri ataupun dari luar sangat mempengaruhi proses konsentrasi anda. 

Post a Comment

 
Top